GramediaBook, Tablet Pengganti Buku Sekolah

BANDUNG, KOMPAS.com - Membawa beberapa buku sekolah yang tebal membuat siswa sering mengeluh karena terlalu berat. Sebuah tablet bernama GramediaBook berusaha menjadi solusi untuk masalah itu. 

Bukan sekadar tablet, perangkat tersebut akan dilengkapi dengan berbagai materi pendidikan berkat dukungan konten dari penyedia software PesonaEdu. 

Paket bundling di dalamnya termasuk BDI (Buku Digital Interaktif), Enrichment(Pengayaan Pengetahuan), Assesment (Koleksi Soal / Try-Out), serta English e-Learning dengan jumlah terbatas. 

Pengguna dapat menikmati akses terhadap konten edukasi yang terintegrasi di dalamnya gratis selama 6 bulan.

Konten edukasi yang lebih banyak tersedia melalui Online Education Store. Toko online ini memungkinkan konten diunduh ataupun dibeli secara online dengan sistem pembayaran yang variatif.

Tablet dengan layar 8,95 inci ini dilengkapi sistem operasi Windows 8.1. Jeroannya menggunakan prosesor Intel Baytrail. Ia juga memiliki kamera 5MP. 

Intel dan Microsoft bekerjasama dengan McAfee juga melengkapi perangkat ini dengan parental control. 

Marketing Manager Kompas Gramedia, Agustinus Harsono, mengatakan, parental control itu berupa sistem pengawasan khusus ketika tablet ini digunakan untuk keperluan browsing. 

Dengan Parental Control, ujarnya, laman situs yang keluar akan sesuai dengan materi yang dibutuhkan. 

"Tablet-tablet yang beredar di lapangan bisa browsing seluruh sumber situs tanpa batas walaupun kebanyakan dipakai untuk game," kata Agustinus saat ditemui seusai kegiatan Knowledge Sharing GramediaBook di Hotel Santika, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Kamis (12/262015). 

PesonaEdu memberikan software pembelajaran untuk siswa dari mulai SD, SMP (untuk semua mata pelajaran) hingga SMA (Matematika dan IPA) yang disetarakan dengan kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.

Tidak hanya itu saja, jika sekolah memang berniat untuk menggunakan tablet ini dalam sistem belajar mengajar, PesonaEdu juga akan memberikan pelatihan secara gratis kepada para guru-guru agar bisa mengaplikasikannya di kelas. 

Penerbit buku Grasindo juga melengkapi koleksi buku-buku pelajaran sesuai kurikulum 2006 dan 2013. "Jadi bisa dibilang ini beli konten software gratis tablet," ujar Agustinus. 

Agustinus menyebut perangkat ini sebagai gadget edukasi pertama di Indonesia. Gadget ini bisa didapatkan secara kolektif ataupun satuan di toko buku Gramedia. Perangkat itu akan dibanderol dengan harga Rp 2,2 juta.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »