Pengunjung Berniaga.com Mulai Diarahkan ke OLX

KOMPAS.com - Menyusul kerjasama induk perusahaan masing-masing, situs iklan baris Berniaga.com dan situs jual beli OLX Indonesia telah bergabung dalam satu wadah yang sama. Kini, keduanya beroperasi di bawah satu nama, yakni olx.co.id.

Ya, dengan kata lain, layanan Berniaga.com telah bergabung dengan olx.co.id.

Pihak Berniaga sendiri sudah mengumumkan perihal penggabungan tersebut dalam situs resminya. Saat pengguna mengakses situs Berniaga.com, akan muncul pemberitahuan di layar yang menerangkan bahwa layanan situs tersebut telah bergabung menjadi olx.co.id. Pengunjung yang ingin mencari atau menjual barang diminta membuka situs Olx.

Imbas dari merger tersebut, layanan pemasangan iklan di Berniaga.com tidak akan tersedia lagi. Pengguna diharapkan untuk berpindah ke layanan dari olx.co.id,

"Efektif per tanggal 15 Januari 2015, layanan pasang iklan di Berniaga.com tidak tersedia. Untuk menjual barang second Anda, silahkan pasang iklan di olx.co.id," tulis pihak Olx dalam laman FAQ resminya. 

Nantinya, semua iklan aktif yang ada di Berniaga.com setelah tanggal 11 November 2014 akan ditampilkan secara otomatis di situs Olx. Sementara, bagi iklan yang di-posting sebelum tanggal tersebut, pihak Olx menyarankan untuk memasang ulang iklannya di situs Olx.

Selain iklan, akun milik Berniaga.com juga akan dimigrasikan ke layanan milik Olx. Bagi pemilik akun Berniaga.com yang login ke situs tersebut tanpa melalui Facebook, pihak Olx berjanji untuk segera mengirimkan password standar melalui e-mail pengguna. 

Jika sebelumnya bergabung ke Berniaga dengan menggunakan akun Facebook, pengguna tidak perlu mendaftar ulang. Mereka bisa langsung login dengan menggunakan akun Facebook tersebut.

Sebelumnya, induk perusahaan OLX dan Berniaga, yaitu Naspers dan 701 Search, menyatakan akan bergabung untuk membuat platform iklan dan jual beli online di negara Brazil, Indonesia, Thailand, dan Bangladesh.

Naspers dan 701 Search sendiri merupakan gabungan tiga perusahaan jual beli online, yaitu Schibsted, Telenor, dan Singapore Press Holdings.

Di Indonesia sendiri model kerja sama kepemilikan antara Naspers dn 701 Search akan memiliki komposisi 64 persen Naspers dan 36 persen 701 Search.

Di Indonesia, Naspers telah mengakuisisi OLX (dahulu Tokobagus.com) pada November 2012. Naspers pada saat itu mengakuisisi 65 persen saham Tokobagus.com.

Sementara untuk Berniaga.com, situs jual beli tersebut telah diluncurkan oleh 701 Search semenjak Desember 2009.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »